Inggris

IELTS Prep Jakarta Selatan | Test Center, Exam, Course Terbaik di Jakarta

By July 5, 2022 No Comments

IELTS Prep Jakarta Selatan | Test Center, Exam, Course Terbaik di Jakarta – Banyak yang meyakini bahwa IELTS merupakan ujian bahasa Inggris yang paling adil. Pada sesi speaking, anda akan bertemu face to face dengan penguji dan tidak ada satupun orang yang akan mengganggu. Tidak ada komputer atau masalah teknis lainnya, IELTS tes akan menguji kemampuan anda yang sebenarnya.

Itulah sebabnya hasil IELTS tes diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi, institusi pendidikan, perusahaan, serta instansi pemerintahan di 140 negara di seluruh dunia. Nah buat anda yang sedang mempersiapkan tes IELTS di rumah, berikut ini beberapa kiat-kiat dan cara belajar IELTS otodidak.

Baca Juga : Persiapan IELTS di Jakarta

Ingin Dapat Skor Tinggi di IELTS Prep Jakarta, Ini 5 Cara Belajar IELTS Otodidak

1.Belajar kosakata, IELTS Prep Jakarta

Tes IELTS bertujuan untuk memastikan seseorang bisa menjalani aktivitas dengan lancar saat tinggal di luar negeri. Karena itu, anda harus memiliki penguasaan kosakata yang luas. Anda akan dimaafkan jika melakukan kesalahan tata bahasa saat berkomunikasi dengan penutur asli. Mereka masih paham apa yang anda ucapkan asal kosakata yang disampaikan tepat.

Kosakata tidak bisa dikuasai dalam satu malam, tapi anda harus mempelajarinya secara kontinu. Bahkan tidak masalah satu kata per hari, yang penting anda konsisten melakukannya. Menambah kosakata bisa dilakukan dengan membaca artikel berbahasa Inggris. Garis bawahi kosakata yang tidak anda ketahui lalu cari di kamus. Tidak perlu lama, membaca 10 sampai 20 menit secara rutin akan menambah kosakata secara signifikan.

2.Tingkatkan skill writing

Banyak orang menganggap writing menjadi sesi yang paling menegangkan. Pada sesi tes writing, anda harus menulis 2 esai, yaitu esai analisa grafik (150 kata) dan esai analisa masalah (250 kata). Hanya tersedia 60 menit, sehingga peserta harus membuat 2 esai secara cepat dengan grammar dan kosakata yang benar.

Waktunya memang terbatas, tapi jangan panik dan tetap tenang. Pastikan anda paham dengan informasi serta grafik yang ada pada soal. Lalu jangan asal menulis esai. Setelah membaca soal, jangan lupa membuat garis besar atau topik esai yang akan dibuat. Ini penting agar anda tetap fokus dan tidak menyimpang dari topik.

Untuk melatih writing, cobalah untuk mengerjakan contoh-contoh soal writing IELTS yang ada di internet. Ikuti soal-soal yang ada dan teruslah berlatih, karena kemampuan writing tidak bisa didapat dalam waktu sehari atau dua hari.

IELTS Prep Jakarta

3.Berlatih pronunciation, IELTS Prep Jakarta

Sesi tes speaking, anda akan berhadapan 4 mata langsung dengan penguji. Wawancara dilakukan dalam 3 tahap, yaitu perkenalan tentang diri anda (tahap 1), serta anda akan dimintai pendapat mengenai suatu topik (tahap 2 dan 3). Tiap tahap berlangsung dalam durasi waktu singkat, tidak lebih dari 5 menit.

Anda harus bicara dengan bahasa Inggris yang lancar serta pronunciation atau pengucapan yang benar. Untuk melatih kelancaran speaking, tidak ada cara lain kecuali berlatih speaking sesering mungkin. Berbicaralah dengan lantang tentang topik tertentu, kalau perlu rekam suara anda saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Sedangkan cara agar bisa mengucapkan bahasa Inggris secara benar adalah dengan mendengar penutur asli berbicara. Anda bisa memanfaatkan siaran radio, TV, film berbahasa Inggris yang bisa diakses secara online. Cara lain adalah dengan ikut lembaga kursus, misalnya di Westwood Prep.

4.Latih skill listening, IELTS Prep Jakarta

Untuk melatih kemampuan listening, cobalah mendengar berita berbahasa Inggris setiap pagi. Anda bisa memanfaatkan podcast atau radio berbahasa Inggris yang bisa diakses online. Lalu anda bisa menggarisbawahi serta mencatat point-point dari berita yang anda dengarkan.

5.Terus berlatih

Pada tes IELTS, anda diharuskan menjawab dalam waktu yang sangat terbatas. Misalnya saja pada listening tes, anda akan mendengarkan percakapan selama 30 menit dan harus menjawab 40 pertanyaan dalam waktu 10 menit. Jadi, anda harus berlatih mengatur waktu.

Caranya adalah dengan mengikuti simulasi tes IELTS. Simulasi akan membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan anda. Misalnya saja, jika ternyata anda lemah di listening, maka anda harus mencurahkan lebih banyak waktu untuk berlatih pada bagian ini.

Untuk berlatih tes IELTS, cara terbaik adalah dengan mengikuti kursus IELTS preparation. Salah satu yang direkomendasikan adalah dengan bergabung di Westwood Prep. Westwood Preparation telah berpengalaman meningkatkan skor IELTS dan membantu pelajar Indonesia yang hendak kuliah di luar negeri.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai belajar IELTS di Westwood Prep, anda bisa mengunjungi www.westwoodprep.com. Perpaduan belajar IELTS otodidak dan belajar di lembaga kursus akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara keseluruhan dan lebih siap menghadapi tes IELTS yang sesungguhnya.

× How can I help you?